Creativity to Increase Total Customer Value

24 Oktober 2010

Booming BlackBerry (BB) benar-benar sedang melanda pengguna perangkat genggam nirkabel belakangan ini. Lihat saja salah satu pemberi jasa ini, Indosat. Dalam kurun 3 bulan terakhir Indosat mengalami peningkatan jumlah pelanggan yang pesat dan setidaknya sekitar 75.000 sudah menjadi pelanggannya. Ternyata apa yang kita kenal sebagai masa krisis bukan alasan untuk tidak sanggup menjual.

Dan menurut riset NPD Group di Amerika Serikat, sebuah lembaga riset pasar terkemuka di wireless industry, menunjukkan BlackBerry disebut mengalami peningkatan pangsa pasar sebesar 15 persen menjadi hampir 50 persen pasar di kuartal pertama 2009. Hal ini menandakan peluang yang sangat positif ditengah melesunya kondisi pasar ponsel.

Apa keunggulan BB hingga membuat pelajar SMP hingga ibu rumah tangga berburu BB? Secara produk BB merupakan mobile device yang mempunyai keunggulan utama push email, di mana email-email yang masuk langsung dikonversi ukurannya, di-scan virus serta bisa menampilkan dan meng-edit dokumen-dokumen Microsoft Office dan PDF, telepon selular, sms, faksimili internet, menjelajah internet dan kita dapat mengakses Google Talk, Yahoo Messenger, maupun Blackberry Messenger secara bersamaan, bagi pebisnis alat ini sangat mendukung aktivitas mereka. Jadi rasanya dengan menggunakan BB, kita serasa bekerja di depan PC atau Laptop, hanya saja dalam bentuk mini. Lalu fungsi chatting dengan rekan atau teman yang ada diluar negeri atau di mana pun dengan gratis dan realtime merupakan keunggulan fasilitas yang digemari anak muda kebanyakan.

Dibalik kesuksesan BlackBerry, ada tangan-tangan kreatif yang memikirkan pengembangan produk, peningkatan pelayanan dan kualitas personilnya, bahkan kreatifitas dalam membangun image Blackberry sendiri. Semua dilakukan dengan satu tujuan memberi kepuasan bagi pelanggannya. Kini BB tidak hanya sebagai sebuah piranti yang banyak fungsi, tapi juga sebagai tanda tertentu pendobrak gengsi dan menjadikannya sebagai Life Style (gaya hidup) yang bonafide, exclusive. Contohnya ketika si pengguna BB mengirimkan pesan, diakhir kalimat akan ada signature seperti ini: Sent from my BlackBerry® powered by Sinyal Kuat INDOSAT.

Insight apa yang dapat kita ambil? Saya tetap melihat bahwa setiap orang memiliki kreatifitas untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai. Bergerak dari kreatifitas yang dimulai dari area pekerjaan kita, lalu meningkat satu level lagi di atasnya yaitu kreatifitas yang dapat di kembangkan antar lintas departemen (cross functional). Kreatifitas kita tentunya berorientasi kepada kebutuhan pelanggan, baik pelanggan internal, seperti atasan, rekan kerja, bawahan, atau pun pelanggan eksternal
kita, seperti supplier, sampai kepada end user (pelanggan terakhir).

Kombinasi sinergi kreatifitas yang di lihat secara luas inilah yang diharapkan dapat meningkatkan nilai bagi pelanggan. Dan saya yakin Grup Ciputra dapat terus memberikan total customer value kepada setiap pelanggannya melalui peningkatan terhadap manfaat produk (product value), pelayanan (Service Value), personal (personnel Value) dan kesan (Image Value).

0 komentar: