Siap tempur 100% !

18 Juli 2009


Para pelatih tim putri yang tampil di opening party Honda DetEksi Basketball League (DBL) East Java 2009 North Region besok (18/7) siap beradu strategi. Salah satunya adalah tim putri SMA Frateran Surabaya yang akan berhadapan dengan SMA Petra 1 Surabaya.

Kedua tim memang buta kekuatan lawan karena belum pernah bertemu. Justru karena belum pernah bertemu itulah, kedua tim menyatakan tertantang untuk menang. Njoo Soen Eng, pelatih Frateran, mengatakan bakal mengembalikan permainan Frateran seperti DBL 2007.

Saat itu mereka mengandalkan passing-passing cantik yang tak hanya enak ditonton, namun juga akurat untuk mengecoh lawan. ”Saya memotivasi tim untuk kerja keras. Karena kami kan nggak tahu musuh seperti apa. Jadi, saya memantapkan strategi kami, yaitu passing akurat dan teamwork,” ujar Yong Yong, sapaan akrab Njoo Soen Eng.

Yong Yong melanjutkan, untuk tampil di opening, timnya membutuhkan mental yang kuat. ”Makanya, kami nggak boleh ada beban. Harus konsen menerapkan strategi yang sudah mantap ini.Yang penting main bagus dulu,” jelas Yong Yong.
Pihak lawan, Petra 1, mengaku juga sudah siap menerapkan strategi andalan mereka pada opening party besok. Mereka akan menerapkan strategi full press dari awal untuk menekan lawan.

”Kami memang belum pernah bertemu dengan Frateran. Tapi, dari kabar yang kami dengar, materi pemain mereka setingkat di atas kami. Berarti kami harus main ngotot dan total dari awal. Jangan sampai lengah,” tandas Eko Firmantyo, sang pelatih.
Permainan full press juga bakal disuguhkan pelatih tim putri SMAN 2 Surabaya (Smada). Pada opening party besok,

mereka akan berhadapan dengan tim putri SMAN 15 Surabaya. Menghadapi Libels (sebutan SMAN 15 Surabaya), Smada menegaskan juga bakal menggebrak sejak awal. ”Mental pemain bakal diuji saat opening. Makanya, kami harus pressing dari awal. Biar mental lawan turun,” ucap Caesar Mario Ramadhan, pelatih Smada.

Tim putri Smada telah mengenal gaya permainan Libels karena pernah bertemu pada kompetisi di luar DBL. ”Kami memang menang waktu itu. Tapi, kami tetap tak boleh meremehkan lawan. Apa pun bisa terjadi di lapangan. Kami tetap berusaha semaksimal mungkin pada opening besok,” jelas Mario.

Dari kubu Libels, Tommy Permadi, sang pelatih, juga telah mematangkan persiapan timnya dalam menghadapi opening party. ”Kami telah belajar dari kesalahan waktu itu. Smada punya teknik permainan cepat, ngotot, dan pasti. Kami akan mengatasinya dengan koordinasi teamwork yang solid,” terang Tommy.

Pada opening party di DBL Arena besok (open gate pukul 14.00 WIB), total akan dihelat empat pertandingan. Dua laga putra dan dua laga putri.

Pada pertandingan pertama, tim putra SMA Ta’miriyah Surabaya akan berhadapan dengan SMA Untung Suropati Sidoarjo. Pertandingan dilanjutkan dengan laga tim putri, yakni SMAN 15 Surabaya melawan SMAN 2 Surabaya.

Kemudian, tim putri SMA Frateran Surabaya menghadapi SMA Petra 1 Surabaya. Hari pembukaan itu lantas ditutup dengan duel bergengsi, tim putra SMA St Louis 1 Surabaya versus SMAN 9 Surabaya.

0 komentar: